Editorial Policies

Focus and Scope

JoDIS menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan informasi, yang mencakup:

  • Ilmu perpustakaan—profesi pustakawan, organisasi pustakawan, tata ruang perpustakaan; koleksi perpustakaan, manajemen koleksi, otomasi perpustakaan, dan perpustakaa digital.
  • Ilmu dokumentasi—preservasi koleksi, manajemen database, metadata, katalogisasi, klasifikasi, warisan budaya/dokumenter, kemas ulang informasi, digitalisasi koleksi, alih media, dan pengelolaan pengetahuan.
  • Ilmu informasi (information science)—organisasi informasi, manajemen informasi perpustakaan, publikasi ilmiah, bibliometrik, altmetrik, webometrik, dan sistem informasi perpustakaan.
  • Ilmu Manajemen Rekord dan Kearsipan—manajemen data; big data; arsip lembaga; kebijakan manajemen data dan arsip; objek digital
  • Ilmu Permuseuman—manajemen naskah kuno; artefak; museum.
Sebagai preferensi, bidang keilmuan jurnal ini lihat di ODLIS.

 

Section Policies

Front page

Bagian ini berisi cover depan, halaman redaksi, daftar isi, dan halaman lain sebelum artikel utama jurnal.

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Article

Bagian ini berisi artikel lengkap jurnal yang telah direview dan melalui proses editorial penerbitan.

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Back page

Bagian ini berisi halaman indeks (jika ada) dan cover belakang jurnal.

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Reviewer JoDIS hanya mereview judul naskah lengkap yang sesuai kompetensi dan bidang keilmuannya. Apabila reviewer tidak mampu maka berhak menolak naskah yang direview dan merekomendasikannya ke reviewer lain yang lebih kompeten.

 

Publication Frequency

JoDIS terbit dua kali dalam setahun, tepatnya bulan Maret dan September (Semester). Setiap isu terbitan minimal berjumlah lima judul artikel ilmiah.

 

Open Access Policy

Setiap informasi kebijakan dan artikel lengkap JoDIS dapat diakses secara terbuka (open access) di bawah ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA).

Creative Commons License
Journal of Documentation and Information Science by Association of Indonesian Library and Information Professionals is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Article Processing Charge

Penerbit tidak menarik biaya kepada penulis ketika submit, peer-review, editing, publikasi, pengarsipan, dan akses artikel penuh di situs jurnal.

 

Journal Subscribe

Redaksi JoDIS menetapkan kebijakan penerbitan jurnal online dengan akses terbuka. Sehingga redaksi tidak menarik biaya apapun kepada pembaca dan pengakses situs jurnal. Jika Anda menginginkan JoDIS dalam format tercetak, silakan print dan download sendiri di laman URL ini.

 

Digital Archiving Policy

Untuk menjamin akses dan pelestarian JoDIS, kami mengarsipkannya di CLOCKS dan LOCKSS.

 

Plagiarisme Checker

Untuk menghindari malpraktik publikasi dan plagiat dalam penerbitan artikel jurnal, editor melakukan pengecekan terlebih dahulu pada setiap naskah yang diterima melalui aplikasi Turnitin atau aplikasi plagiarism checker lainnya.

 

Reference Management

Untuk mempermudah penyusunan sumber kutipan dan daftar pustaka naskah, penulis disarankan menggunakan aplikasi Mendeley, Zotero, dan aplikasi reference manager yang lain.

 

Editor & Reviewer Join

  • Calon reviewer/editor harus memiliki ketertarikan minat untuk mereview dan melakukan editorial naskah lengkap secara profesionel sesuai dengan kompetensi dan bidang kepakarannya, serta memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas JoDIS secara berkelanjutan.
  • Calon reviewer/editor menyatakan kesediaannya dengan mengisi dan melengkapi Form Call For Reviewer  (untuk reviewer) dan Form Call For Editor  (untuk editor). Sebagai bukti bukti kompetensi dan kepakarannya, calon reviewer/editor sebaiknya menyertakan rekam jejak publikasi yang tercantum di database pengindeks ilmiah, seperti Google Scholar, SINTA ID, ResearchGate, Academia, LinkedIN, Orcid ID, Scopus ID, dan sebagainya.

 

Copyediting & Proofreading

  • Copy editor mengecek setiap naskah lengkap dari aspek tata bahasa dan kalimat. Untuk informasi abstrak dan naskah berbahasa inggris, copy editor dapat menggunakan aplikasi Grammarly®, sedangkan yang berbahasa Indonesia mengacu pada Buku Pedoman Tata  Bahasa Indonesia yang baku dan KBBI Daring.
  • Proofreader mengecek keseluruhan naskah lengkap galley akhir (pasca-layout) sebelum artikel diterbitkan dan diarsipkan di situs jurnal.