Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal of Documentation and Information Science?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Ketika submit naskah, penulis harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1)      Format naskah ditulis dengan Ms.Word dengan ketentuan:

  • Kertas A4 (21 cm X 21,7cm) dengan marjin halaman; kiri (3 cm), atas (2 cm), kanan (2 cm), dan bawah (2 cm);
  • Jumlah halaman naskah antara 8-20 halaman;
  • Naskah disusun satu kolom dengan font Times New Roman;
  • Kata sambung (dan, secara, atau, dengan, serta, tentang, yang, terhadap, sehingga, karena, maka, untuk, demi) dan kata depan (di, ke, dari, pada, kepada, dalam, oleh, sampai) ditulis dengan huruf kecil, kecuali pada judul utama naskah yang menggunakan huruf kapital.

2)  Sistematika naskah lengkap dengan ketentuan:

  • JUDUL (Times New Roman 14; huruf kapital dan tebal; 1 spasi).
  • Nama Penulis (Times New Roman 11 dan tebal; 1 spasi).
  • Afiliasi Penulis (Times New Roman 10; 1 spasi), berisi nama institusi/ tempat kerja/ tempat studi penulis.
  • Korespondensi (Times New Roman 10; 1 spasi), berisi alamat email penulis pertama, kedua, dst.
  • ABSTRACT dan ABSTRAK (Times New Roman 11; huruf kapital dan tebal) dan isinya (Times New Roman 10; 1 spasi). Abstrak ditulis dua bahasa (Inggris dan Indonesia). Abstrak berbahasa inggris diletakkan di atas abstrak bahasa Indonesia.
  • Keywords atau kata kunci (Times New Roman 10 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 10), keywords ditulis dalam bahasa inggris dan setiap kata kunci dipisahkan tanda titik koma (;), jumlah 3 – 7 kata kunci. Hindari penulisan kata sambung dan kata depan pada kata kunci.
  • PENDAHULUAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Pada bagian pendahuluan tidak ada sub-bab bahasan. Isi pendahuluan merupakan keaslian ide penulis dan kemutakhiran data/informasi (sumber literatur) yang mencakup urgensi kajian/penelitian (mengapa perlu ditulis, hal apa yang membedakan dengan tulisan sebelumnya), permasalahan, tujuan dan manfaat kajian/penelitian.
  • METODE (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Isi metode mencakup jenis data, sumber data, pengolahan data, hipotesis (jika ada), verifikasi data, dan analisis data. Pada bagian metode tidak ada sub-bab bahasan.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Sebaiknya uraian hasil dan pembahasan dibuat terpisah. Penjelasan pada bagian ini dapat dibuat sub-bab sesuai dengan rumusan permasalahan yang ditetapkan. Penulisan sub-bab disusun secara sistematis dengan rincian nomor (Times New Roman 11.5 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Pada bagian ini, silakan sertakan data berupa tabel, grafik, gambar, dan objek lain yang terkait dengan hasil kajian/penelitian. Penulisannya disusun secara sistematis dengan rincian nomor (numbering) berdasarkan jenis datanya (Times New Roman 10, 1 spasi dan tebal).
  • KESIMPULAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Kesimpulan berisi intisari dan hasil analisis data pada bagian pembahasan. Isi kesimpulan bukan berupa pernyataan yang dikutip (sumber literatur) tetapi pernyataan kesimpulan. Apabila ada saran dan rekomendasi, silakan nyatakan pada bagian kesimpulan.
  • UCAPAN TERIMA KASIH (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi), bersifat opsional. Untuk naskah yang disponsori oleh lembaga dan/atau ditulis dengan pembimbing sebaiknya mencantumkan ucapan terimakasih kepada pihak terkait.
  • DAFTAR PUSTAKA (Times New Roman 12 dan tebal) dan sumber bacaan (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Sumber kutipan dan daftar pustaka naskah sebaiknya sesuai dan sama. Format penulisan daftar pustaka mengacu pada The American Psychological Association (APA). Penulisan kutipan dan daftar pustaka naskah sebaiknya menggunakan aplikasi Mendeley, Zotero, dan aplikasi reference manager yang lain. Jumlah bacaan ilmiah yang dijadikan daftar pustaka minimal 10 judul (80% referensi primer dan 20% referensi sekunder). Referensi primer terdiri atas jurnal, jurnal/artikel, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, paten, standar, dan dokumen sejarah; sedangkan referensi sekunder, mencakup buku umum dan sumber informasi ilmiah di internet.
Ketentuan format dan sistematika penulisan naskah di atas, tercantum dalam Template Naskah JoDIS.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah dikirim/diserahkan ke penerbit lain dan diterbitkan dalam bentuk media publikasi apapun (cetak/elektronik). Jika terjadi duplikasi penerbitan maka naskah yang diserahkan akan dikembalikan ke penulis (ditolak); dan jika diketahui diterbitkan di media publikasi lain, artikel yang telah di terbitkan di JoDIS akan dihapus dari arsip Jurnal dan diumumkan secara online (untuk peringatan).
  2. Isi/substansi naskah merupakan hasil kajian dan/atau penelitian yang sesuai dengan fokus dan ruang lingkup keilmuan jurnal.
  3. Naskah disusun sesuai Template Naskah (Ms.Word), dengan jumlah sekitar 8-20 halaman.
  4. Penulis harus mengisi Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan/atau Copyright Transfer, sebagai bukti keaslian dan kejujuran dalam proses penerbitan naskah/artikel.
  5. Penulis menghormati privasi, hak cipta, dan etika publikasi ilmiah JoDIS serta tunduk pada kebijakan dan keputusan editor dalam proses penerbitan jurnal.
 

Copyright Notice

  • Hak publikasi dan pemanfaatan karya intelektual pada jurnal ini menjadi milik penuh penerbit, sedangkan hak moral menjadi milik penulis.
  • Aspek legal formal akses dan pemanfaatan setiap artikel JoDIS tunduk di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dan wajar (fair use) dalam bentuk serupa bahkan untuk kepentingan komersial.
  • Untuk menghindari tindakan malpraktik publikasi dan plagiarisme penerbitan artikel, penulis diminta mengisi dan menandatangani pernyataan hak cipta pada Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Copyright Transfer.

 

Privacy Statement

Setiap pihak (penulis, editor, reviewer, dan pengelola jurnal) yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini harus saling menghargai dan menghormati privasi satu sama lain, seperti menjaga nama baik, menghormati hasil review, dan mematuhi penjadwalan penerbitan jurnal.